Wednesday 27 March 2013

Mengantuk Saat Belajar/Menghafal Di Malam Hari


Hai reader, kali ini gue mau posting soal masalah yang pasti bakal atau pernah dialamin sama temen-temen seperjuangan, yap.. anak sekolahan.Jadi gini, lo semua pernah ga punya PR atau pekerjaan rumah yang berjibun?Atau pernah ga ngafalin buat ulangan besok?Gue yakin lo semua jawab PERNAH.Oke, nah..rata-rata kebanyakan dari kita ini mengerjakan pr atau ngafalin di malam hari.Ini emang bukan sebuah riset, tapi ini berdasarkan pengalaman gue dan juga hasil gue survey sama temen-temen, kaka kelas, ade kelas, ade gue, sepupu gue, tante gue, kake gue, nene gue, buyut gue *skip*

Gue sendiri pernah ngerjain PR sampe jam 3 subuh, malah kadang sampe pake ga tidur.Kadang-kadang hasil PR yang gue kerjain semalem suntuk itu kurang memuaskan.

Pernah gue ngerjain PR bikin karya tulis di kertas folio bergaris dan besoknya gue sadar, beberapa baris yang ada ditengah gue tulis, awalnya ngebahas masalah sosial..alih-alih gue tulis : Akibat dari saya pergi ke lingkungan setiap individu akan ibu beli tahu besok (harusnya : Akibat dari adanya pengaruh negatif dari lingkungan setiap individu akan mengalami sebuah proses.Ini bener-bener ga lucu, apa yang kebayang dan secara ga sadar waktu gue ketiduran (mimpi gue) campur aduk sama bacaan yang mesti gue tulis.

Itu ga seberapa, ada yang lebih parah, lo tau tanjakan puncak?Nah PR cerpen yang gue tulis,huruf-hurufnya perlahan naik...naik..dan terus naik.Pas kebangun, gue liat tulisannya udah sampe ujung garis paling atas. 

Kalo soal ngafalin biasanya berujung tragis dan dilematik, gue merem dan tidur pulas, besoknya gue bingung terus jedotin kepala ke tembok soalnya hari ini ulangan kimia.

Berdasarkan pengalaman gue diatas bisa disimpulkan bahwa musuh utama belajar di malam hari itu adalah NGANTUK.Si ngantuk ini akan mengganggu dan membuat dunia kita porak-poranda seketika.Dan inilah tips agar tidak ngantuk saat belajar dan menghafal di malam hari untuk pelajar :
  • Bikin kopi, lalu diminum bukan dioles ke mata :) semakin pahit semakin bikin ga ngantuk
  • Cari temen buat nginep di rumah, kalo sambil ngobrol biasanya ga bikin ngantuk
  • Makan permen karet, biar lo tetep ON terus
  • Buat yang muslim, kalo udah mulai ngantuk langsung wudhu.Kalau sempet tidur sebelumnya ada baiknya tahajud dulu biar tambah jauh dari godaan setan ngantuk.
  • Mantengin radio yang banyak interaksi ke listeners dari si announcer nya
  • Rehat beberapakali untuk istirahat misalnya main game atau nonton tv(catatan : bukan berarti tiduran, karena takut ketiduran beneran).Rehat cukup sebentar namun berulangkali.
  • Sediain minuman oksigen atau kalau punya pohon hijau dalem rumah deketin aja, kata guru biologi gue ngantuk itu artinya kekurangan oksigen.Kalo ga ada-ada banget sih gue geber-geber aja pake kipas.
  • Yang punya pacar, coba suruh pacarnya telepon
Hal yang mesti dihindarin :
  • Jangan minum susu dan makan kangkung sebelum ngerjain (kalau bisa mulai dari beberapa jam sebelumnya), kalo diminum yang ada lo nyenyak diatas tugas-tugas lo.
  • Ada yang bilang rendem kaki di aer bikin kita ga ngantuk.Itu salah besar!Menurut guru gue yang pernah nyobain kaya begituan sewaktu muda, yang ada besoknya dia ga bisa ulangan karena masuk angin dan parahnya lagi dia jadi kena flu.
  • Denger radio boleh, lagu juga boleh asal lagunya lagu-lagu keras.Kalo dikasih lagu slow nanti kita malah keenakan terus ngantuk dan zzzzzz.
  • Jangan olesin kayu putih atau balsem ke daerah mata/kelopaknya.Ini yang gue rasa paling bohong.Kenapa?Karena ini hal tertolol yang pernah gue coba.Hasilnya bukannya gue jadi ga ngantuk tapi gue ga bisa melek hampir satu jam gara-gara mata gue perih kepanasan.Setelah selesai perihnya, gue tidur pules soalnya cape nangis keperihan.

7 comments:

  1. haha, ga tau kenapa ya baca ni postingan pengen ketawa :D atau mungkin senasib ya sama gue -.-

    ReplyDelete
  2. Wow tips yg bener-bener ampuh !!

    ReplyDelete
  3. gokil abis.... tapi tips nya bermanfaat..
    thanks

    ReplyDelete
  4. Wkwkwk lucu, i'll try for remed besookkkkkkk

    ReplyDelete