Sunday 9 July 2017

Jajan Ikan di Pasar Ikan Gebang (First Time in Pantura)

Liburan musim panas alias musim kemarau ini, aku sama keluarga memutuskan explore jalan lewat pantura, dan kasian banget aku baru tau kepanjangan pantura itu pantai utara ๐Ÿ˜ yang muncul di benak ini ketika mendengar kata pantura adalah jalan lebar banget, panas ngaheab (ngaheab mean pengap). Mungkin karena aku memang gak ada keturunan di jawa, ada sih mungkin dari keluarga kakek dari ibuku tapi itupun aku gak tau. Aku taunya cuma jabar jabar doang selama ini. Jadi ini first time aku lewat pantura.

Berangkat sekitar 18.30 hari kedua setelah idul fitri 2017, masuk lewat tol padalarang, bersihhhhh banget. Kosong. Pokonya itu jalan cuma mobil kita doang, mungkin masih pada mudik. Kita gak lanjut tol cipali karena memang pingin lewat pinggiran pantura.

bapaku lagi milih-milih ikan, embernya lucuk warna warni๐Ÿ˜
Lagi-lagi, dengan modal bayangan, kukira pinggiran pantura itu semacam jalan pinggiran pantai selatan kaya rancabuaya dll. Ternyata salah besar๐Ÿ˜… Niatnya sengaja gak banyak searching di google karena gak mau spoiler. Pantura ternyata rame banget (yaiyalah wkwk), dan mungkin karena arusnya lebih tenang dibanding pantai selatan yang langsung mengarah ke laut lepas, perahu kebanyakan dibiarin nangkring gitu aja di deket jembatan yang airnya menuju langsung ke pantai. Selain itu dari jalan raya yang rame, mungkin kalo kamu tau cimindi (khusus cimahi area wkwk, yaudah kalo enggak pasopati deh) itu bayangin aja sehabis turun jembatan di depan ada jembatan leuwigajah tapi dibawahnya banyak perahu, dan ibaratnya jalan tol kesananya lagi itu udah pantai, kamu bisa langsung nyebur seandainya kamu mau๐Ÿ˜Š

Ada banyak banget jembatan-jembatan semacam itu selama menyusuri jalan pantura, sampe ketemu satu pasar setelah satu jembatan, namanya Pasar Ikan Gebang. Disana banyak banget lapak pedagang ikan yang ngampar dipinggir jalan, aku ga explore lebih dalem lagi sih berhubung udah lapar dan udah siang juga. Kalo diliat ikannya sih gak anyep, mungkin tingkat kesegarannya sekitar 70-80%. Karena biasanya kan pasar ikan dari malem sampe subuh.

ini lokasinya guys

Ikannya juga macem-macem, ada cumi, udang, kerang juga. Mungkin biar kenyang, bapaku beli ikan tongkol seekor, lumayan gede, dapet 60rb. Ditambah juga cumi sekitar setengah kilo.

Dari rumah kita bawa kompor portable sama panggangan, sengaja biar nanti dijalan bisa bakar-bakaran. Karena salah membayangkan, dimana espektasinya kan bakar-bakaran dipinggir pantai wkwk, akhirnya kita mencari spot yang enak di jalan menuju Malahayu Salem. Apa itu Malahayu Salem? next post yaa.

Setelah mencari dan terus mencari, ditemukalah sebuah spot bebaqaran yang pas. Ada sebuah saung dipinggir sawah (yang jelas punya orang), tapi sepertinya tidak dipakai, itu ada lahan parkirnya juga lumayan, dan disekitar saung itu rindang banget. Pokonya itu karunia Allah banget ๐Ÿ˜„

Dengan seperangkat alat bebaqaran kamipun mulai membumbui si tongkol dan si cumi, dan langsung mengeksekusi mereka. Hihi yummyyy!


Happy holiday!

liburan pantura jalan pantura liburan ke cirebon explore cirebon explore brebes pasar ikan gebang pasar ikan di jawa tengah beli kian di cirebon pantai utara laut utara lapak ikan lapak cumi cumi murah cirebon cumi murah pantura lapak ikan murah pantura

No comments:

Post a Comment