Wednesday 19 February 2020

Cara Mematikan Open File Downloaded Automatically (How to Stop Downloads Opening Automatically – Google Chrome)

Pernah gak sih kalian download terus file yang kalian download itu tiba-tiba buka sendiri atau jalan sendiri gitu?


File yang terdownload dan otomatis terbuka mungkin membantu buat sebagian orang, tapi buat aku sedikit mengganggu. Dan jadinya aku kepingin matiin settingan file yang didownload otomatis terbuka.


Suatu ketika, picture yang baru aja aku download langsung terbuka gitu aja, padahal aku gak sama sekali klik command untuk open file. Ternyata oh ternyata, sebelum download file tersebut aku gak sengaja klik "Always open file of this type" setelah picture sebelumnya berhasil aku download, padahal saat itu aku cuma bermaksud "Show in folder", tapi aku ternyata malah klik si opsi lain tersebut.

Nah ini adalah opsi "Always open file of this type" yang gak sengaja aku klik itu.

Nah, sekarang, gimana cara mematikannya?

Pertama aku mencari tau tentang cara mengatasi ini, munculah tutorial dari Techieshelp.com, dan berikut adalah cara mematikan settingnya :

1. Buka Setting Chrome

Dapat dilakukan dengan cara klik Chrome (3 garis / 3 titik di pojok kanan atas) lalu klik Setting


Sumber : Techieshelp.com

2. Setelah Setting terbuka, Scroll sampai bawah, Pilih Advance


3. Cari bagian "Download" lalu klik clear auto-opening setting"

Sumber : Techieshelp.com


4. Tadaa... sekarang file hasil download kamu gak akan auto open sendiri lagi. Selamat mencoba!




1 comment: