Monday 24 July 2017

TUTORIAL MEMBUAT KTM BNI DAN BUKU TABUNGAN BARU KHUSUS MAHASISWA UPI



Kehilangan barang itu rasanya gaenak banget ya, apalagi kalo barang yang hilang itu adalah barang yang udah separuh aku ATM misalnya. Bukannya aku merelakan juga uang buat diambil orang ya, tapi kadang kehilangan kartu-kartu dan surat penting, lebih pusing daripada ngurusin uang yang hilang. Kalo uang, ya udah gitu, ikhlasin aja, anggap aja sedekah, mungkin kita lupa bersyukur sama apa yang udah Allah kasih. Tapi kalo yang hilang itu semacam ATM, kelar udah.

Permasalahannya adalah ADMINISTRASI. Aku gatau sejak kapan agak sebel aja gitu kalo udah ngurusin yang namanya administrasi. Disamping karena administrasi itu ribet, juga sometimes people yang mengurusinya itu ga menyambut dengan baik, like jutek jutek gitu. Ya oke gitu aku ngerti mungkin mereka cape kerjaannya ngurusin anak orang terus, but please, you’re paid.

Jadi guys, singkat cerita aku kecopetan dompet nih di angkot. Angkotnya jurusan ledeng-cimahi, which is emang dikenal rawan copet. Cerita selengkapnya klik disini. ATM, SIM, KTP, buku tabungan (bego kan simpen buku tabungan di dompet, tapi itu sengaja biar gampang nyari ceritanya), kartu klinik dll. Sore harinya ada orang whatsapp, dia bilang nemu dompet aku, dia foto juga isinya. Dan benar saja guys, ATM sama buku tabunganku hilang.

Karena ATM aku ini adalah KTM alias Kartu Tanda Mahasiswa, yang artinya kalau aku ga buat lagi, aku ga punya KTM. Maka aku memutuskan mengurusi pembuatan KTM baru.

Before we start, aku ingetin lagi ya tutorial cara ngurusin KTM BNI yang hilang, yang pada akhirnya ini akan menjadi tutorial membuat KTM baru, khusus buat anak Universitas Pendidikan Indonesia. Kalaupun kamu dari univ. lain tapi pake KTM BNI, gak ada salahnya juga sih kamu baca, karena mungkin yang jadi perbedaannya cuma sedikit. Btw, aku ngurusin KTM yang hilang ini Senin, tanggal 24 Juli 2017.

CARA MENGURUSI KTM BNI DAN BUKU TABUNGAN YANG HILANG / MEMBUAT KTM DAN BUKU TABUNGAN BARU

Hal yang diperlukan:

  1. Kesabaran (tentunya)
  2. Kekuatan Fisik (untuk bolak balik BNI-BAAK)
  3. Waktu (menunggu antrian dan pembuatan KTM)
  4. Surat Kehilangan dari Kepolisian Setempat (daerah kamu, misal aku ke POLRES CIMAHI)
  5. KTP
  6. Foto 3x4, 2 lbr
  7. Pulpen
  8. Lem (opsional)
  9. Surat Pembukaan Rekening Baru (dari BAAK)

Langkah-langkah:

1. MEMBUAT SURAT KEHILANGAN KE KEPOLISIAN

Aku sendiri datang ke POLRES CIMAHI hari Jumat di minggu sebelumnya, datang sekitar jam 11 lebih. Tempat pembuatan surat kehilangannya itu deket banget sama gerbang utama, yaitu di ruangan sebelah sisi kiri (sebrang pos jaga gerbang).
Aku dilayanin sama bapak polisinya. Aku dimintain SIM buat kartu identitas aku. Tapi aku agak heran sih, soalnya cuma ditanya kehilangan apa, nomornya berapa, tempat tinggalnya dimana. Bapak polisinya gak nanya aku kehilangan kapan, padahal aku pernah liat surat kehilangan punya bapakku, itu ada tanggal hilangnya kapan. Karena aku gak mau lama-lama, aku biarin aja, sampe akhirnya selesai. Setelah suratnya jadi, aku bingung ya, ini bayar apa enggak. Terus aku nanya deh “Pa ada biaya admin ga?” eh sibapanya senyum, katanya “Ya kalo adek ikhlas ya silahkan..kalo enggak juga gak papa..” karena aku gakmau obrolan ini berlanjut, aku sudahkan saja. “Makasihh ya paJ” terus ku keluar. Eh, pas sampe angkot aku tercengang. Disitu tertulis suratnya berlaku sementara yaitu cuma sehari doang tanggal 21 Juli, selain itu tertulis juga BNI KCP Cimahi (padahal kan kalo KTM UPI kantor cabangnya ya KCP UPI). Atulah, mau apa-apaan wkwk. Awalnya agak bt, tapi yaudahlah nanti senin bikin lagi kupikir.

Senin pun akhirnya tiba, aku coba dateng lagi ke POLRES CIMAHI jam 7 pagi. Kepagian sih enggak, cuma aku liat gerbangnya belom dibuka, dan ada yang lagi apel pula. Aku liat gerbang satunya buka, ada mas-mas polisi lagi jaga (soalnya muda, mungkin seumuran, jadi panggilnya mas wkwk). Kata dia gapapa jalan aja kesana. Yaudah aku nurut. Menyusuri parit samping pager akupun berjalan ke ruangan yang kemaren. Malu sih, bayangin aja itu ada yang lagi apel dan aku jalan di parit lalu memotong barisan mereka. Tapi aku gapeduli J yang penting urusan aku cepet beres.

Aku dapet antrian ketiga, lumayan cepet juga pelayanannya, Alhamdulillahnya bapak-bapak polisinya ganti. Yang ini lebih mudaan dikit. Pas giliran aku, aku bilang tuh kemaren udah bikin tapi ada kesalahan penulisan KCP, dan aku tanya juga “Pa ini emang kalo surat kehilangan berlakunya hanya sehari yah?”, si bapa kalo dari mukanya juga heran “itu salah nulis kali, coba sini liat”, lalu dia ngomong sama bapak polisi yang lain, ya kalo dari obrolannya sih intinya itu emang mistaken si bapak yang kemaren aja. Si bapak ga mintain SIM aku lagi, tapi langsung liat surat yang salah. Tandatangan 2x habis itu gak berapa lama surat kehilangan pun jadi. Lalu aku senyam-senyum bilang makasih. Karena aku merasa seperti dora, satu misiku telah selesai.

HAL PENTING (yang diatas juga tetep penting kok wkwk):

-          Bikin surat kehilangan di POLRES CIMAHI gak bayar sepeserpun, dan gak ada biaya admin.
-          Lembutkan suara kamu dan murah senyum (kalo kamu cewek, cowok gak usah ye), karena akan membantu agar proses lebih cepat #justatricklol
-          Baca kembali surat yang udah dibuat, pastikan kamu udah koreksi apakah ada kesalahan sebelum meninggalkan tempat pembuatan surat.
-          Mengkomunikasikan kesalahan penulisan atau kesalahan lain dengan cara dan bahasa yg baik itu penting, karena bisa jadi koreksi juga bagi oranglain agar lebih baik lagi, tanpa menyinggung perasaan mereka.

2. KE BNI UPI  


You guys pasti udah tau kan kalo BNI UPI itu sebelah kanannya gate mobil, sebrangnya PUSDIKUM (sorry kalo salah nulis), tapi kalo diantara kalian baru tau juga gapapa karena aku juga baru tau pas semester 2. Soalnya itu BNI ketutupan pohon rindang, jadi aku kira dia suma sekumpulan ATM siap pakai, bahkan dulu aku gak percaya ada kantor cabang sebelah situ.
Kamu jangan ambil antrian, lebih baik langsung aja ke bapak satpam bilang “Pak, KTM sama Buku Tabungan saya hilang”, gak berapa lama pak satpamnya akan ngasih kamu formulir. Dia akan nanya sama kamu apakah kamu bawa surat kehilangan dan foto 3x4. Setelah itu kamu akan dibimbing si bapak untuk mengisi formulir yang tadi dia kasih, lalu dia akan suruh kamu meminta cap di formulir ke BAAK sekaligus membuat Surat Pembukaan Rekening Baru ke BAAK.

HAL PENTING:

-          Pastikan Surat Kehilangan dari Kepolisian dibawa
-          Gak usah ambil antrian dulu
-          Isi form pada bagian yang ditandai
-          Kalo bawa lem langsung tempel aja kedua fotonya di tempat yg sudah disediakan
-          Kalo udah langsung berangkat ke BAAK untuk minta cap yang akan dibubuhkan di formulir itu dan juga sekalian bikin Surat Pembukaan Rekening Baru.

3. KE BAAK


Disana kamu pasti akan bingung kemana. Atau mungkin aku doang yang gak tau. Yang pasti aku baru tau, ada ruangan khusus di BAAK yang ngurusin KTM, yaitu di ruang paling ujung ke sebelah kiri, yaitu ruangan Dit.Akd-R. 1. 04. Ada jam operasionalnya juga loh, jadi jangan salah dateng, nanti kan sia-sia.
Seperti biasa, akan ada bagian admin yang agak juds tapi ada juga yg ramah. Disitu kamu langsung aja serahin formulir yang udah diisi (catet ya, DI ISI), plus pastikan foto juga udah nempel. Kalo kamu gak bawa lem jangan khawatir, disitu kamu disediain lem kok. Karena kalo belum lengkap dan belum difotoin nanti siibunya agak senseh wkwk. Kamu juga akan ditanya nimnya berapa, setelah itu dipersilahkan tunggu diluar (bukan diluar gedung loh ya, diluar ruangan itu). Ga sampe 5 menit, form udah ditandatanganin. Surat Pembuatan KTM Baru juga udah jadi.

HAL PENTING:

-          Ada ruangan khusus yang menangani perihal KTM yakni Dit.Akd-R. 1. 04
-          Pastikan datang sesuai Jadwal Kerja : SENIN-KAMIS (07.00-15.30/istirahat 11.30-12.30), JUMAT (07.00-16.30/istirahat 11.30-13.00). Karena kalo enggak kamu akan diusir wkwk, gak deng, gak dilayanin doang

4. KEMBALI LAGI KE BNI UPI


Tukan bener apa aku bilang, diperlukan kekuatan fisik yang mumpuni agar kamu bisa melalui semua ini hihi. Setelah sampe di BNI barulah kamu ambil antrian, tapi sebelum ambil antrian, bilang sama satpam kalo kamu itu yang tadi mau buat rekening baru. Antrian yang akan kamu dapat adalah antrian B karena kamu gak akan ke teller (yaiyalah) melainkan ke CS atau Customer Service. Biasanya kalo dapet antrian B itu gaakan jauh-jauh jaraknya sama yg lagi ditangani CS, tapi nunggunya lumayan lama. Aku dapet antrian nomor B 024 jam 09.38, sementara itu baru sampe B 017. Aku baru dipanggil CS jam 10.33, berarti aku nunggu 55 menit dengan jumlah 4 CS. Kalo kamu mau tau perkiraan nunggu berapa lama hitung sendiri aja yaaa!

HAL PENTING:

-          Bawa powerbank, beli minuman atau cemilan supaya nunggunya gak bosen
-          Jangan salah ambil nomor antrian, ambil antrian ke CS

5. NGOBROL SAMA CUSTOMER SERVICE (CS) BNI


Kasihin formulir yang udah kamu isi dan udah dicap BAAK tentunya, kasihin juga surat kehilangan, lalu isi form pembuatan tabungan dan atm (beda lagi sama yg tadi), gak usah khawatir harus ngisi yang mana karena udah distabilo-in sama CSnya. Selain itu kalo kamu bingung ya nanya aja, CSnya juga depan kamu kok gakemana-mana, jangan malu nanya yaa.
Abis itu KTP kamu akan dipinjem sama CS, btw KTP aku kan udah mengelupas seutuhnya alias kartu sama plastik tulisan udah misah, mba-mba CSnya baik sampe bilang “Saya selotipin ya mbak Gia..” wkwk ku jadi merasa dosa mengerjai orang yang lebih tua.
Juga yang akan banyak kamu kerjakan kedepannya adalah gabut, liatin mbaknya kerja, dan sesekali nulis tempat tanggal bulan tahun dan tandatangan berkali-kali.
Setengah jam berlalu, aku langsung disuruh kebelakang untuk foto, kaget dikit sih kan kirain pas foto yang bakal ditaro di KTM, taunya harus foto lagi, mana ini hinyai. Pas lagi di tempat fotonya yaudah pasrah, ngaca-ngaca dikit berharap mukanya lebih baik dari sebelumnya. Eh pas keluar ya sama-sama aja, malah ini overbright wkwk.

HAL PENTING:

-          Jangan malu nanya kalo ada bagian form yang kamu gangerti harus isi gimana atau isi yang mananya, atau ada pertanyaan lainnya
-          Siap-siap buat foto KTM
-          Catet hal-hal krusial yang dikasih tau mbak CS, seperti soal pergantian PIN dll.

6. KE BAAK LAGI

Sekitar 5 menit setelah foto, KTM dan Buku Tabungan Baru aku udah jadiii, selain itu aku juga dikasih amplop pin seperti biasanya. Dan aku juga dikasih salinan tabungan dan rekening aku yg berbentuk satu lembar fotocopyan. Dimana si selembar ini harus aku kirimkan lagi ke BAAK untuk merubah data KTM aku sebelumnya.
Aku sampe ke BAAK jam 11.43, kalo liat di jadwal ini udah gak akan dilayanin karena udah istirahat dari 11.30. Dan bener aja, aku assalamualaikum-in gak nyaut, aku ngetuk pintu juga gak nyaut. Pas ketuk pintu lagi, keliatan ibu administrasi yang juds, beliau liat aku, tapi dengan wajahnya yang juds, dia geleng-geleng dan bilang jam 1. Aku ngomong sambil diperjelas bilang mau ngasih salinan aja, tapi beliau lalu pura-pura gak denger. Aku mikirnya ini kan cuma ngasih salinan aja gitu, enggak minta cap lagi kayak pagi, ko gak mau banget, huh zbl.
Karena posisinya aku kesana naik motor sama bapak dan bawa adiku juga, aku gak bisa lama-lama. Aku cari ide, kebetulan ada ibu BAAK yang lagi diem, aku bilang deh, “Bu ini mau buka rekening baru, udah selesai ko bu, ini tinggal nyerahin salinannya aja.”, lalu ibu itupun bilang “Ooh salinannya aja, kalo salinan sekarang keluar BAAK terus ambil kanan dan lurus sampe ujung, nanti ada kursi ijo, disitu kasihin aja sama Bapa (siapa gitu lupa)”. Aku gajadi bete dan mengikuti kata ibu itu. Dan bener, ternyata ada ruang khusus di depan Gedung Biro Kepegawaian, yang depannya ada kursi ijo, disitulah tempat yang tepat untuk kasihin salian. Bukan ke ruangan kaya pas mau minta cap.
Habis kasihin itu lega rasanya karena akhirnya urusannya beres pas dzuhur. Akhirnya aku punya buku tabungan dan KTM lagi! Yayyy!

HAL PENTING:

-          Kasihin salinan bukan ke ruangan yang kaya pagi, tapi ke ruangan yang ada di depan gedung biro kepegawaian lewat loket.
-          Harus sabar

7. SELESAI DEH


Jadi kenapa aku buat ini, karena aku sendiri merasa kebingungan ketika aku kehilangan KTM dan buku tabungan aku harus gimana, karena aku googling pun gak ada petunjuk khususnya. Ada cerita blogger lain juga, tapi kasusnya lebih ke hilang KTM aja sementara aku hilang kedua-duanya, yang mana kalo KTM doang ilang asal kita bawa buku tabungan lebih mudah. 

Dan dari UPI nya sendiri gak ada informasi khusus (yg aku dapet) mengenai hal kehilangan KTM dan buku tabungan yang secara jelas. Sampe tempat dan ruang-ruangnya aja baru aku tau setelah nanya dan ditunjukin orang lain.

Maka dari itu, buat kamu yang mengalami hal yang sama seperti aku, semoga kamu juga bisa segera bikin yang baru yah, dan semoga juga post ini bermanfaat buat kamu. Semoga berhasil!



3 comments:

  1. Disebelah mananya itu teh kantor cabang BNI UPI nya?

    ReplyDelete
  2. Kalo selain bank bni deket upi bisa ?

    ReplyDelete
  3. Kalau ada ada uangnya bagaimana itu ya kak ?

    ReplyDelete