Saturday 19 July 2014

Let's be DIY Artist!

Target post aku kali ini adalah anak-anak nanggung seumuran SMP atau paling enggak SD kelas 5-6 lah. Kenapa coba targetnya kalian? Karena aku pernah ngalamin seumuran gitu, hasrat kreativitas susah dibendung, kalo gak ada kerjaan bingung ngapain, kalo ngapa-ngapain malah kenapa-napa.

Oke, sekali lagi kenalin, nama aku Gia. Aku suka banget ngerjain dan bikin sesuatu yang nantinya enak dilihat dan kalo bisa sih kepake. Dan waktu aku seumuran kalian aku harus bikin apa. Ketemulah aku sama sesuatu, bukan benda, bukan manusia, bukan sulap, bukan sihir. Dia adalah ... DIY atau lebih panjangnya lagi DIIIIIIIY. Nah DIY itu singkatan dari Do It Yourself yang artinya gawean kumaha anjeun (bahasa sunda), ya artinya adalah lakukan semau kamu. DIY itu sebenernya macem-macem jenisnya, tapi aku lebih ke DIY art project nya.

Maksudnya lakukan semau kamu itu, jadi kalian bebas berkreasi dengan apa aja dan gimana aja. Gak ada batasan buat kalian. Kalian boleh berekspresi dengan apa yang akan kalian buat.

Sedikit tentang DIY menurut aku :

DIY Duplikasi
Dengan DIY kalian bisa bikin barang yang sama dengan harga dan jumlah berbeda. Misalnya kalian pingin bikin mahkota bunga yang sering ada di film-film tapi  susah nyari nya  bahkan kalaupun ada mahal, nah kalo kalian bikin sendiri maka kalian bisa punya mahkota bunga sendiri tanpa kemahalan atau susah dapetinnya.

DIY Applied Art

Ya, applied art, artinya barang seni yang bisa dipake. DIY itu punya rasa seni dan yang pasti indah, indah untuk dilihat, indah untuk dipake. Dari kertas muffin aja kalian bisa loh bikin penutup lampu. Dan dengan sedikit sentuhan seni, pasti penutup lamu itu bakal terlihat cantik.


DIY is REDUCE REUSE RECYCLE
Limbah botol dirumah bisa dipergunakan lagi, kita bisa memasukan cat kedalamnya sampai rata, buang sisanya, dan hasilnya kita punya vas tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Dengan mengurangi penggunaan bahan-bahan seperti plastik dan kaca, kita setidaknya sudah membantu pengelolaan lingkungan, dimana penggunaan kembali adalah salah satu trik dari DIY.

Nah selanjutnya tentang DIY akan aku jelasin di post selanjutnya, keep reading, being creative! Let's be DIY artist!


No comments:

Post a Comment