Sunday 19 February 2017

Seperti Apasih Mekanisme Pendaftaran SMKN 1 Cimahi 2016/2017? Yang Mau Masuk Kontrol Proses atau Mekanik Baca Ini Yuu! (Part 1)

Halo adik-adik! Buat kalian yang sekarang kelas 9 SMP pasti lagi sibuk-sibuk nyiapin buat masuk SMA yaaa? Ngomong-ngomong ada yang berniat masuk SMKN 1 Cimahi gaaak? Setauku sihh dari tahun ke tahun banyak banget peminat sekolah kejuruan yang satu ini, memang gak mengherankan sih melihat pada lulusan-lulusannya yang bagus dan dibekali skill kejuruan yang mumpuni.

Beberapa temen, kaka kelas, juga pacarku hehe, mereka adalah alumni SMKN 1 Cimahi. Diantaranya ada yang bekerja di PT. INDOCEMENT, OTICS, MUGI LAB., ABB, hmm apa lagi ya, aku lupa hehe, kebanyakan sih di daerah industri setauku (yaiyalah orang mereka kebanyan teknik wkwk). Yang pasti mereka itu termasuk orang-orang hebat menurutku, karena di usia yang gak beda jauh denganku atau bahkan seumuran, mereka udah bisa cari uang sendiri walaupun belum merasakan bangku kuliah terlebih dulu. Walaupun demikian ada juga yang bekerja sambil kuliah kelas karyawan, dan juga ada yang tidak bekerja dan justru melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri seperti POLBAN, UNPAD, juga salah satunya UPI (kampusku).

Bagi aku SMKN 1 Cimahi itu kayak tempat bermain hehe. Kenapa begitu? Karena dari dulu mobilitas aku kesana lumayan sering, disamping karena ibuku guru di STM Pembangunan Cimahi, btw kebanyakan yang gak keterima di SMKN 1 Cimahi masuk sini. Tapi bukan berarti yang masuk STM Pembangunan buangan, keduanya sama-sama menghasilkan sumberdaya yang memiliki kompetensi kok, bedanya cuma di negeri dan swastanya aja, orang bilang sih ini swasta-nya SMKN 1 Cimahi.

Tapi meskipun aku tau banyak hal, kalo kamu mau tau, aku bukan lulusan sini loh wkwk. Aku sebenernya lulusan SMAN 6 Bandung, anak IPS lagi, huhuyyy.
Related image
source : www.panoramio.com
Hari ini aku mau berbagi pengalaman nih, berhubung setaun lalu adik aku mengalami yang namanya SMKN 1 Register Syndrome hehe. Aku juga sebenernya gak inget-inget banget secara kronologis seperti apa, tapi aku bakal menceritakan sama kalian semampunya.

Oke jadi mekanismenya gimana?
Pahami bagian awalnya dulu yaaa...
First, yang sangat PENTING buat dicatat adalah tanggal dibuka pendaftaran dan perhatikan rules-rules pendaftaran. Karena setau aku, atau mungking aku terlalu sotau, sewaktu hari dimana ada tes fisik dan skill peminatan, beberapa pendaftar mengalami masalah birokrasi gitu ditempat pendaftaran. Namun akhirnya bisa diselesaikan.

Second, ketika pendaftaran dibuka, dulu sih SMKN 1 langsung kasih alamat web pendaftaran dimana terdapat halaman pendaftaran juga urutan pendaftaran (jadi nanti juga bakal dikasih tau ko tanggal-tanggal pentingnya). Waktu kamu daftar kaya bikin akun gitu, yang udah sering maenan medsos pasti ngerti lah wkwkw. Bagian ini, pastikan kamu bisa menjelaskan juga ke orangtuamu, karena gak semua orangtua melek teknologi, tapi semua orangtua dipastikan KHAWATIR dengan nasib kamu, jadi jelaskan juga yah kamu itu lagi ngapain dan tahap-tahapnya apa aja.

Third, disitu kalo gasalah kamu akan mengisi banyak data yang kemudian bisa kamu unduh sebagai formulir. (Tapi aku ragu ini gimana kronologisnya, takutnya salah hehe, tapi aku lampirkan kok contohnya gimana)

Langsung aja STEP by STEP nya :

1. Isi Formulir Registrasi PDB Kota Cimahi - 1 Juli 2016
(mengisi secara online dan dapat langsung diunduh)

FORMULIR REGISTRASI PESERTA DIDIK BARU
TAHUN AJARAN 2016/2017
KETERANGAN :
1. Formulir Registrasi ini di isi sesuai berdasarkan dengan IJAZAH SLTP dan Akte Kelahiran
2. Data ini dipergunakan sebagai dasar untuk pemutakhiran pengisian Aplikasi/Software Database di Kemendikbud
3. Dilampiri dengan Foto Copy IJAZAH SLTP, AKTE KELAHIRAN, SKHUN, KARTU NISN dan KARTU KELUARGA (masing-masing 1 lembar)
4. Formulir Registrasi ini dikumpulkan pada tanggal sesuai dengan JADWAL REGISTRASI dan dimasukkan ke dalam Map warna : a. Merah (Laki-laki); b. Biru (Perempuan)

Kemudian data yang harus diisi ialah :
1. IDENTITAS SEKOLAH
a. Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 CIMAHI
b. NSS : 321020903003P NPSN : 20224136
c. Alamat Sekolah : JL MAHAR MARTANEGARA NO 48
d. Kecamatan : CIMAHI SELATAN
e. Kabupaten/Kota : KOTA CIMAHI
f. Provinsi : JAWA BARAT

2. IDENTITAS PESERTA DIDIK
a. Kelas/Kompetensi Keahlian : KONTROL PROSES
b. Nama Lengkap :
c. Jenis Kelamin :
d. NIS :
e. NISN :
f. NIK :
g. Tempat, Tgl Lahir :
h. Agama :
i. Alamat Tempat Tinggal Siswa :
Kelurahan/Desa :
Kecamatan :
Kabupaten/Kota :
Provinsi :
j. Jenis Tempat Tinggal Siswa :
k. Hobi :
l. Cita-cita :
m. Jarak dari Rumah ke Sekolah : 0-1 KM
n. Jenis Transportasi ke Sekolah :
o. Jumlah Saudara :
p. No Peserta UN SMP :
q. Status SMP :
r. Jenis SMP :
s. Kota SMP :
t. Tinggi Badan :
u. Berkebutuhan Khusus : (diisi strip kalo engga)
v. Nomor Telepon Rumah :
w.Email Pribadi :
x. Riwayat Beasiswa di SMKN 1 Cimahi
y. Catatan Prestasi :

3. IDENTITAS ORANG TUA / WALI PESERTA DIDIK
a. - Nama Ayah :
- Pekerjaan :
- Pedidikan :
- Penghasilan bulanan : (rentang)
b. - Nama Ibu :
- Pekerjaan :
- Pedidikan :
- Penghasilan bulanan : (rentang)
c. Alamat Orang Tua Siswa :
Kelurahan/Desa :
Kecamatan :
Kabupaten/Kota :
Provinsi :
d. Nomor Telepon Rumah :

kepanjangan nihh lanjut part 2 yaa!

PART 2

No comments:

Post a Comment