Sunday 19 February 2017

Seperti Apasih Mekanisme Pendaftaran SMKN 1 Cimahi 2016/2017? Yang Mau Masuk Kontrol Proses atau Mekanik Baca Ini Yuu! (Part 2)

2. Daftar Online SMKN 1 Cimahi
Iniloh yang aku bilang bikin akun di web pendaftaran SMKN 1 Cimahi itu. Sebelum SMKN 1 Cimahi membuka pendaftaran online, jangan harap kamu bisa akses duluan webnya, karena gaakan bisa. Karena dulu pas daftarin ade aku itu udah nyobain wkwkw gasabaran. Nanti kamu bakal ngisi online formulirnya dan langsung unduh.




berhasil daftar onlinenyaaa
Btw maafin nilai adiku yaa wkwkw, walaupun nilainya kecil tapi ya gimana lagi udah ngarep banget. Satu-satunya jalan, ngandelin tes skill (yang katanya juga bobotnya agak berpengaruh).


3. Mengumpulkan Berkas
Formulir diatas, disertai pernyataan orangtua, pernyataan siswa, dan berkas lainnya yang disebutkan,  dimasukan kedalam map (yang sudah ditentukan) untuk dikumpulkan.

Nah disini aku lupa lupa ingat, langsung aja ke bagian Tes Fisik dan Tes Skill

4. Tes Fisik dan Skill
Di hari ini kalo gasalah, adik aku dapet nomor 500 sekian gitulah, itu juga dapet nyubuh kemarennya. Emang setauku sempet ada masalah disini, rincinya gimana aku gatau. Yang pasti ada orangtua yang dateng subuh banget, bahkan ada yang sampe nginep!

Kalo udah dapet antrian tes tinggal duduk manis nunggu dipanggil setelah verifikasi berkas terlebih dulu. Oh iya tips aja, hari ini membutuhkan lem kertas. Aku lupa buat apa, pokonya prepare aja lem kertas.

disana dapet nomor antrian tes
Adik aku gapunya basic apa apa soal kontrol proses atau mekanik, dan sehari sebelumnya langsung aku download buanyaaaaak banget pdf tentang dua jurusan itu. Bahkan sampe pas nunggu giliran di panggil itu sambil menyuapi dia materi-materi wkwk.

Tes fisik, simpel tapi sangat fatal. Temen SMP adiku, katanya pinter, tapi sayang banget, dia langsung dinyatakan tidak diterima karena buta warna. Pas dia dan ayahnya keluar dari SMKN 1 (ketemu di parkiran pas pulang) ayahnya keliatan kecewa banget sambil bilang "Cuma salah sebut aja. Langsung dinyatakan ga diterima! Di surat dokternya aja normal!". Diluar dari itu, saranku sebelum kamu apply ke SMKN 1, pastikan kamu memang memiliki kualifikasi yang diminta ya, kan sayang kalo kamu udah cape-cape sejauh ini dan got nothing. Pada akhirnya rezeki ada ditangan-Nya.



di dalem map nya ada berkas ini (lupa lagi gatau ngeprin sendiri gatau darisananya ditambahin
Waktu tes fisik itu di aula besar gitu (nanti yang udah tes duduk di antrian berikutnya untuk lanjut tes kemampuan, fyi pas pdb 2016 itu duduknya juga seruangan loh sama yang lagi tes, jadi  jangan lupa cek bulu ketek kamu udah cukuran apa belom wkwk), kalian bakal antre dari meja ke meja pemeriksa. Pastikan juga kamu gak punya tato apalagi tindik yaa. Lucu juga sih liat ekspresi adik aku waktu di tes fisik karena dia kaget harus buka bukaan tanpa sekat wkwk. Kalo cewe tenang aja nanti ada ruangan khusus kook. pastikan .

Tes skill itu kalo kalian pilih Kontrol Proses atau Mekanik, akan digiring ke tempat tes masing-masing jurusan. Jadi gak kolektif.

Fyi selama tes fisik adik aku beberapa kali  olahraga wkwk.


ini pas dia tes skill kontrol mekanik, di workshop gitu.
 KONTROL MEKANIK
Kalian akan dibawa berkeliling melihat alat-alat mekanik apa aja, dan.. kalian minimal tau gimana cara mengoprasikannya. Jangan lupa juga soal tes teorinya. Dan kayaknya semakin kamu cepat menyelesaikan tugas kamu disana jadi poin plus juga kayanya buat kamu.



KONTROL PROSES
Yang pasti banyak banyakin belajar nyolder, soalnya dari tahun ketahun itu sih kisi-kisi yang selalu keluar hehe. Kenapa aku tau? Karena kata kaka sepupuku yang masuk sana begitu, kata mantanku juga, dan kata pacarku juga, dan adiku juga mengalaminya hehe.


5. Pulang dan Pantau Hasil
Yayyy, setelah melewati serangkaian tahap tinggal nunggu hasilnya. Emang menegangkan banget sih, apalagi kalo di web nama dia udah ke bawah ke bawah, itu tegang banget. Tapi Alhamdulillah, berkat Allah dan usaha, adik aku keterima di Kontrol Proses. Pada akhirnya rezeki sudah Allah atur, kalo keterima berarti itu memang rezekimu, kalau tidak, artinya mungkin Allah punya rencana lain untuk kamu. Jangan bersedih hati, tetap semangat!




Doa tanpa usaha tidaklah mungkin, usaha tanpa doa juga kecil kemungkinannya karena semuanya ada di tangan yang Maha Kuasa. Semangat ya buat kalian yang bakal berjuang! 






3 comments:

  1. Wiihh bgt kak. Doain aku juga ya yg skrg mau daftar smkn1 cimahi

    ReplyDelete
  2. Wiihh keren bgt kak. Doain aku juga ya yg skrg mau daftar smkn1 cimahi

    ReplyDelete
  3. Kak kalo ditestnya itu apa aja kontrol proses? Kalo boleh minta kisi kisinya dong

    ReplyDelete