Wednesday 8 November 2017

Ex's Ex Disaster

Cerita ini adalah real-experience sekitar tahun 2011-2012, dan yang pasti nama-nama yang ada udah disamarkan, termasuk nama tempat dan sebagainya.

Waktu itu aku baru 2 minggu putus dari seseorang, sebut aja Radit. Radit ini orangnya dingin banget kaya antartika, selain itu dia kaku dan pokonya susah banget diajak ngobrol. Orangnya tinggi, putih, sipit, agak chinese tapi dia bukan chinese sih kayanya. Mungkin dia salah satu ex yang inspired by oppa-oppa korea.

Dulu kan lagi jaman-jamannya facebook ya. Mungkin itulah masa-masa hati gusar gundah gulana karena dia salah satu laki-laki yang mencampakan aku (sedih bgt si hidup lo wkwk). Jadi dia itu kan udah susah diajak ngomong... waktu itu masih SMP dan ga kaya sekarang yang komunikasi apa-apa gampang. So, everytime dia update gitu di facebook aku selalu cekatan sampe dibikin notif gitu lah.

Ada satu orang cewe yang tiba-tiba add friend akun facebook aku, namanya Evi. Aku liat-liat kok kaya pernah liat...tapi dimana ya... akhirnya aku accept dia. Dan aku baru sadar, ketika masa-masa masih ngarepin Radit, kayaknya Radit pernah deh komenan atau wall to wall sama Evi, tapi aku udah lupa bgt tepatnya gimana. Yang pasti dari situ kita kenalan satu sama lain, dan membentuk REC – Radit’s Ex Club hehe yang ini bercanda.

Mulai dari kenalan nama, sampe awal pdkt sama Radit kita ceritain satu sama lain masing-masing. Aku disitu bener-bener engga mikir gimana-gimana, maksudnya aku kira emang dia berniat temenan sama aku, karena beberapa mantannya mantan aku pun akhirnya temenan sama aku. Tapi I’M TOTALLY WRONG! Dan disinilah disaster itu dimulai...

Evi ini orangnya lebih pendek dari aku, wajahnya dulu-sih agak jerawatan, rambutnya panjang dengan model segi (serah lo mau segi 4 atau segi 3). Kalo dibilang cantik sih relatif ya...aku ga bisa menilai. Dia itu cewe yang suka motor, ya dulu sih sebelas dua belas sama aku, tapi itu dulu yaaa hihi.

Karena kita satu obrolan, nyambunglah kita, meet-up pertama kita adalah di daerah Cisarua. Disitu kita saling kenal satu sama lain. Dia sih bilangnya suka ikutan racing gitu, drag race katanya. Setiap kita lagi di motor pun dia selalu nunjukin walaupun secara ga langsung, kalo dia itu racer, ya ngebut-ngebut gitu, salip-salip motor di depan, apalagi kalo motor yang depannya cowo, dia itu semangat banget, walaupun aku agak takut-takut dan ‘apaan sih’, aku so so berani  dan so asik aja gitu biar ngimbangin dia wkwk, kalo nyali kayanya aku kalah sama dia. Dan sekarang baru aku sadari bahwa mungkin ini yang disebut cabe-cabean.
Sering banget aku diajak dia ke rumahnya, fyi rumahnya itu di kabupaten, which is pergaulannya sedikit berbeda sama aku. Tapi aku ga mikir aneh-aneh ya. Karena dari awal pun aku udah niat mau temenan. Dan bodohnya aku, kalo aku udah sayang sama orang (i mean sayang yang universal ya, kaya ke temen, sahabat, keluarga) itu aku percaya-percaya aja yang dia omongin.

KLARIFIKASI
Aku pernah cerita sama dia soal kebisaan aku buat ngehipnotis orang. Disitu emang aku lagi jaman-jamannya mencari-cari supranatural experience. Dan aku ga tau kalo dia nyebar-nyebarin ini sama temen-temennya. Ngapain juga gitu kalo dipikir-pikir.

Dia cerita sama aku kalo di sekolahnya, terutama dikelasnya, dia itu dikucilin gitu sama temen-temennya. Dia bilang temen-temenya itu jahat sama dia, pokonya waktu dia cerita itu aku yakin siapapun yang denger dia pasti bakal iba. Soalnya yang diceritain dia itu bener-bener apayaaa...kind of cerita-cerita jahat bully ke satu orang gitu. Dan menurut aku itu jahat banget. Setiap aku tanya, “Emang kamu salah apa? Pernah ngapain sama mereka?” dia selalu jawab “Aku juga gatau gi...mereka emang kaya gitu dari dulu sama aku.”

Dan tiba-tiba dia bilang “Gi nanti anter aku ke temen-temen aku ya buat yakinin mereka kalo aku itu dulu mau smoothing gak jadi.” Sebenernya aku cengo denger dia bilang gitu. Smoothing? ‘Buset kaya gini doang dipermasalahin, kayaknya temen-temennya kurang asupan gizi’ pikir aku.

“Ko bisa sih yang kaya gitu aja dipermasalahin?”
“Ya aku juga ga tau gi.. kan kamu tau temen-temen aku kaya apa.”
“Terus aku harus apa?” (Lagi-lagi aku percaya aja sama yang dia omongin, padahal logika aja gitu ya kalo emang kaya gini sebenernya emang pergaulan dia yang sick atau emang ada apa-apa dianya, tapi aku dulu bodo nya ga mikir aneh-aneh dan selalu mikir dia ini selalu jadi korban, dimana aku itu paling kesel sama orang yang suka sok nindas tanpa alasan kayak gitu).

“Aku harus gimana ya... Dulu teh aku emang pernah mau smoothing cuma aku pikir-pikir lagi buat apa, mending uangnya dipake buat yang lain. Lagian udah ga jaman juga smoothing.”

(Just be honest juga, aku bukan tipe orang yang suka ‘lagi jaman-lagi jaman’ gitu, soalnya ya menurut aku konyol aja harus pake barang atau neglakuin sesuatu karena tren, except kalo itu emang bener bener aku butuhin dan aku mau, selebihnya aku ga mau maksain diri).

“Ya udah kamu bilang aja sejujurnya...lagian kenapa juga sih kamu yang mau smoothing mereka yang sewot? Ga paham banget deh aku sama kalian. Apa emang kalian pergaulannya segitunya ya?”
“Iya gi aku juga gangerti sama mereka kenapa mereka segitunya, jahat sama aku, makanya bantuin aku ya gi buat ngomong. Kan kamu jago ngomong gi. Makannya aku minta bantuan kamu soalnya aku ga berani ngomong.” Jawab dia dengan muka melas dan so sedihnya.
“Ya udah aku bantuin.” Aku nge-iyain. “Aku harus ngomong ke siapa?”
“Ada beberapa orang gi, 8 orang.” (aku anggap 8 orang aja lah ya soalnya bener-bener lupa, seinget aku malah belasan hehe).
“Yaampun banyak banget... itu serius kita datengin satu-satu?”
“Iya gi, oh iya sama satu lagi, kamu bilang juga ya kamu bisa hipnotis.”

Wtf.. aku disitu mulai bertanya-tanya, apaan dah, ko urusan ini juga harus aku kelarin. maksudnya....kalian ngertilah gimana. Aku aja ga pernah nyuruh dia bilang aku bisa hipnotis, dll. Masa ada masalah sampe harus klarifikasi-klarifikasi gini. Dan dia yang bukan ‘aku’-nya, malah kaya gini.

“Ko gitusih?”
“Iya bilang aja gi..soalnya mereka nanya, temen baru aku yang dari Cimahi bisa hipnotis itu bener apa engga dan mereka perlu bukti.”
-
Hari itu mulailah kita datengin satu-satu rumah temen-temenya. Dan fyi juga, sepanjang jalan Evi ini selalu nyeritain orang yang bakal kita temuin sebelum sampe kerumahnya. Dan sorry to say ya Evi, dia itu suka nyeritain yang jelek-jeleknya, which is bikin aku jengah dan berapi-api, dulu ga kepikiran apa-apa tapi ternyata selidik-punya selidik itu unsur kesengajaan biar aku kepancing emosi pas sampe dirumah temennya.

Aku lupa banget nama-nama temennya siapa, yang pasti kita datengin tuh satu-satu semuanya. Sampe ada yang ngernyit dahi ngitu gara-gara muka aku judes.

“Gi kata si Melani kamu kenapa, ko sinis banget sama dia.” kata Evi yang pas itu Melani lagi ke dapur ambil air atau apa lupa.
“Ya sinis lah, orang dia jahat sama kamu, kan kamu yang cerita.”
“Iya sih.. dia masa bilang ga suka sama kamu.”
“Yaudah siapa juga yang suka sama dia. Peduli amat.”

Dibilang kesihir sih engga ya.. tapi itulah representasi aku ketika aku ketemu sama temen-temen dia. Dan itu juga yang membuat mereka benci sama aku. Dulu sih dipikiran aku, bela teman harga mati. Tapi dasar bego... aku baru sadar kalo aku jelekin nama aku sendiri, benci dan berperilaku buruk sama orang lain yang ga punya dosa sama aku, bahkan kenalpun baru. Demi apa? Demi TEMEN.

Iya orang yang anggap aku temen, Evi , dia sukses jadiin aku tameng buat ngelindungin nama dia, yang aku pulihin satu persatu lewat klarifikasi dengan berbagai topik yang aku inget : smoothing, dia punya temen yang bisa hipnotis yaitu aku sendiri, bapanya bos bus tapi ternyata supir bus (mohon maaf aku gaada maksud apa-apa ini bener-bener yang dia omongin sama aku itu kaya gini). Yang sampe sekarang aku masih mikir dengan dia bilangin itu semua ke temen-temennya itu faedahnya apa.

EVI, RADIT, DAN AKU
Evi cerita sama aku awal dia ketemu sama Radit. Radit itu dulu sering main ke rumah neneknya. Dimana rumah neneknya itu sebrangan banget sama rumah Evi. Dia cerita kalo awal dia ketemu itu pas Radit lagi main basket terus bolanya ke dia terus dia ambil, apalah aku lupa, intinya gitu. Lepas dari benar engganya aku ga tau. Kebenarannya di next part ya.

Aku juga cerita awal pdkt aku sama dia, sampe putus. Dan dia bilang sama aku, kalo dia udah ga suka malah jadi benci banget sama Radit. Terus dia juga bilang sama aku kalo Radit gak suka banget sama aku, kata dia Radit bilang aku ini jelek, item, pokonya ga sebanding sama dia, dan dia malu, makanya dia putusin aku. (Ya aku juga sadar diri sih dulu waktu SMP aku itemnya minta ampun karena ikutan basket, dan yaudahlah aku juga ga ambil pusing. Tapi aku agak kepikiran juga, masa Radit setega itu sampe bilang kaya gitu dan itu malah bikin aku benci dan kesel sama Radit.)

Evi itu ya.. dia selalu bilang dia benci lah sama Radit dsb, tapi aku juga bukan manusia yang ga bisa rasain omongan orang itu bener apa engga. Aku perhatiin cara dia bilang itu Cuma kaya negasin sama aku, biar aku percaya sama dia, padahal mungkin dia masih ada rasa buat Radit. Dan otak akupun ngerti kalo dia masih belum rela soal Radit, ya kali aja masa orang kaya dia yang literally sorry to say ini dia yang bilang sendiri waktu itu : “temen-temen aku itu pada pengen ketemu sama kamu soalnya kamu tau kan, kita rumahnya dimana, kamu dimana (maksudnya perbedaan kota dan kabupaten, padahal demi apapun aku ga pernah kepikiran sampe segininya, karena aku pikir yaudah gitu sama aja, gaada yang lebih baik), kamu ngerti lah gi maksudnya.”. Tapi lagi, lagi, dan lagi aku iyain aja.

AZAM
Evi ngenalin aku sama satu cowo namanya Azam. Orangnya cakep, manis. Dia bilang Azam penasaran sama aku, dia katanya pengen deket sama aku, kata Evi. Yaampun siapa yang ga mau lah dideketin cowo cakep. Ya aku iya-iyain aja. Kebetulan lagi ga sama siapa-siapa juga waktu itu.
Pokonya setiap saat Evi selalu kabarin perkembangan Azam sama aku. Dan baru aku sadari setelah mencari tau, ini Cuma akal-akalan Evi aja, sebenernya gaada cerita soal Azam penasaran dan mau ngedeketin. Dia tau aku aja engga. Kali ini Evi sukses bikin aku kegeerean dan yang pasti menipu aku lagi. LOL.

KEN
Evi itu dulu hebat. Ketika aku masih mikirin pacaran doang, dia udah magang di SD Cimahi 2 jadi pelatih Drum Band. Aku diajakin lah kesana, setiap berapa minggu sekali aku diajakin ngajar juga disana, dan ga lupa juga aku dikenalin sama temennya dia Ina. Rumah mereka kebetulan deket juga, jadi kadang kalo gaada motor dua kita bertiga jadi cabe-cabean.

Waktu itu kita kelas 2 smp, dan di SD itu ada anak kelas 6 namanya Ken. Ken ini anaknya lucu..kecil-kecil suka ngegodain cewe, terus dia itu pokonya baik banget orangnya. Aku diceritain sama Evi kalo Ken ini udah lama suka sama Evi, tapi Evi nya ga mau dan ga pernah ngasih kepastian sama dia. Ce ilah masih kelas 2 smp dan kelas 6 sd aja udah begini ya.. dipikir-pikir lagi geli banget anak kecil segede gitu udah ngerti kaya gini hahah.

Ken itu ga pantang menyerah orangnya, selalu aja kalo engga datengin Evi pasti sms Evi. Dan puncaknya Evi nanya sama aku terima apa jangan. Ya aku mikirlah dalem hati. “Serah elu lah yang jalanin elu masa harus aku yang jawab wkwk”. Dan ternyata drama ini gaada habisnya, Evi ini gak tau apa yang dia pertimbangin, yang pasti hubungan mereka itu gak jelas, Ken nya ngejar tapi Evi nya ngejauh, Ken nya ngejauh si Evi yang sewot. Pokonya gitu. Sampe akhirnya jadianlah mereka ini.

Suatu saat aku dapet sms dari Evi katanya aku sama Ken disuruh dateng ke rumah Evi. Dan cara dia sms itu selalu kaya orang mau mati, bener-bener harus diturutin. Yaudahlah akhirnya aku kerumah dia. Ketemu Ken disana kita dikasih tau kalo.. “Bantuin aku jelasin ke temen-temen aku kalo aku punya pacar pake motor Satria FU.”-deg.

Jadi kita berdua jauh-jauh urgent ke rumah dia buat jelasin itu.

Katanya kalo engga, aku juga tau apa yang bakal terjadi. Dan pastinya ini soal dia dikucilin temennya. Yang mana kalo dia udah cerita gitu aku ga tega.

Pergilah kita mau mulai ritual klarifikasi itu, dan ditengah jalan hujan. Akhirnya kita balik ke rumah Evi lagi. Disitu Ken marah banget sama si Evi. Aku lupa kalimatnya gimana.

“Evi..kamu kaya gini ya.. aku sama gia udah jauh jauh kesini kamu kaya gini. Liat ini hp aku basah,” (fyi hp nya ken itu blackberry, dulu itu jaman-jamanya prestise tinggi kalo pake bb, dan fyi juga menurut aku waktu itu badan si Ken basah banget tapi dia cuma ngeluhin hp sama si Evi saking keselnya si Evi yang ga jelas minta A-B-C-D). Mukanya ken itu sambil bentak Evi sambil berkaca-kaca aku inget banget. Disatu sisi dia diteleponin mamanya terus karena udah beberapakali skip les termasuk yang sore ini gara-gara Evi, sementara itu dia kan mau UN.
“Yu gi kita pulang.” Kata Ken.

Aku nurut aja karena disitu juga aku udah mulai muak sama permintaan Evi yang aneh-aneh. Dan menurut aku maksain banget. Padahal itu ujannya gede dan dia cuma perduliin diri dia sendiri.
Akhirnya aku pulang dibonceng Ken ujan-ujanan.

Besokannya, Evi minta maaf sama kita dan seperti biasa aku maafin dia. Tapi engga buat Ken, dia muak, dia udah males sama Evi. Dan disitu dia bilang dia suka sama aku. Oke kalo mau bahas soal tertarik aku tertarik sama Ken. Tapi, aku bukan cewe tukang embat pacar orang apalagi punya temen sendiri. Aku bilang sama Ken : “Ken, maaf banget. Aku ngerti perasaan kamu gimana. Tapi buat itu aku engga bisa, kamu itu pacarnya temen aku. Dan gimanapun juga aku ga bisa karena Evi temen aku.” Dari situ Ken ga pernah chat-chat aku lagi.

Dan entah kenapa sejak itu Evi makin masang mata waspada sama aku, entah mungkin dia udah tau soal Ken yang bilang itu sama aku atau gimana. Aku ga berani bilang, karena aku emang ga enak takutnya mereka malah berantem atau gimana, dan aku pikir cukup aku yang tau kalo aku udah nolak Ken demi dia. Tapi mungkin dia ga berpikir demikian. Dan dia malah yang berbalik pengen baikan – atau mungkin balikan sama Ken, karena aku sendiri ga ngerti setelah kejadian itu apa yang sebenernya terjadi.

Hari demi hari aku lewatin ikutan ngajar sama Evi, dia bilang aku mau dibayar, tapi karena aku ga enakan orangnya aku bilang “Udah ev bulan pertama aku ga apa-apa ga usah dibayar juga.”. Aku inget ada beberapa gerakan formasi yang aku bikin, dan mungkin sampe 1-2 bulan kedepan setelah bulan percobaan Evi lupa ga bayar aku hehe. Tapi dia baik, pernah sekali waktu pas gajian dia traktir bakso yang lumayan mahal waktu dulu.
Semua kejadian akhir-akhir ini terakumulasi menjadi aku yang mulai males main sama Evi. Karena aku udah mulai cape juga sama kelakuan dia. Dan aku mulai sadar ternyata aku cuma dimanfaatin sama beliau.

KESURUPAN
Hari itu kita selesai ngelatih di SD (ini terjadi pas aku masih ikutan ngelatih bareng dia), tapi karena ada beberapa alasan aku lupa, kita ngelatih cuma bentar dan langsung main ke rumah Ina. Kita ngobrol banyak, dan mulai nyerempet-nyerempet ke cerita horor. Oh iya, fyi juga aku ini orangnya penakut banget banget, meskipun aku suka penasaran, aku cemen kalo soal horror. Dan evi tau banget kelemahan aku yang satu ini. Diceritainlah sama dia cerita soal jalan di daerah dia yang agak angker dan dia gaboleh banget lewat situ sama orang tuanya dan juga satu lagi cerita hantu SMA nya. Katanya SMA dia itu setiap tahun selalu ada korban, dan cerita yang paling terkenal itu ada satu perempuan yang dihamilin sama banyak laki-laki nakal sampe akhirnya meninggal. Aku lupa-lupa inget sih ceritanya. Tiba-tiba Evi diem.

Aku kira diem kenapa gitu ya. Eh diemnya berlanjut ga ngomong apa-apa sama sekali. Mana posisinya waktu itu rumah Ina sepi Cuma bertiga dan agak gelap.

“Ev..ev..plis deh jangan bercanda.” Kata aku mulai panik. 

Tiba-tiba Evi senyum (senyum aneh yang pasti). Dan disitu aku lari sekenceng-kencengnya keluar, ga lama Ina keluar nyusul dan bujuk aku ke dalem. Intinya Ina minta bantuan aku buat berhentiin Evi karena kayanya dia kesurupan. Tapi aku ga mau masuk rumah Ina lagi karena bener-bener takut. Ina bolak balik masuk dan ngajak aku ke dalem. Tapi aku kekeh ga mau dan aku pingin pulang. Ina terus-terusan nyuruh aku jangan pulang tapi aku tetep sama pendirian aku pokonya aku mau pulang. Ina udah bujuk aku pake bilang aku mau pulang gimana lah, soal bobotoh lah (jadi sebelum kejadian itu Ina dan Evi bialng kalo bobotoh daerah sini kalo persib main suka minum-minum dan godain cewe yang dijalan dan cewe lebih baik dirumah kalo bobotoh lagi dijalan). Ga lama Ina keluar sama Evi dan bilang kalo aku mau pulang yaudah mereka anterin. Muka Ina nunjukin kebingungan maksimal mungkin di satu sisi temennya yang satu kesurupan, yang satu lagi pengen pulang. 

“Udah gi kalo kamu mau pulang kita anter.” Kata Evi.
“Hah anter?”
“Iya..”
“Dibonceng sama?”
“Sama Evi.”
“Gilak...ngga ah aku ga mau dia kan kayanya kesurupan aku ga mau tar dijalan kenapa-napa lagi.”
“Engga ko gi dia kayanya udah ga kenapa-kenapa.”

Dengan ekspresi datar Evi yang aku gatau dia kayanya ga denger percakapan kita padahal itu deket banget. Oh ya..dan si Evi ini sambil senyam senyum sekali-sekali. Ya kaya orang kesurupan pada umumnya aja gimana.

Eh lucunyaaa..... Si Evi bisa standarin dua motor dan manasin motor!😁😁 Dalem hati “Gilssss gilsss..ini orang kesurupan apa bisa langsung nyelah motor.”

Akhirnya boncenganlah kita, Evi depan, aku tengah, Ina belakang. Di perjalanan dia bawanya ga kaya biasanya, agak selebor. Terus, ga kaya biasanya dia belokin motor ke kiri. Dan disitu aku mikir, aku mau dia bawa kemana ya, aku takutnya dia aneh-aneh. Ina bisikin ke aku “Gi ini teh jalan yang dia (Evi) dilarang sama orangtuanya lewat tea Gi.” Aku disitu kaget dan mulai liat sekitar, jalannya makin lama makin sepi. Dan aku liat di spion si Evi masih senyam senyum aja. Terus ga lama kemudian si Evi mengucapkan sesuatu..

“Urang kesel pisan lah ka jelema (nu sorry) ngahamilan urang, komo deui ka si eta, nu hideung, bolotot.”

Aku dengerin omongan dia satu-persatu, dan seketika aku nyadar. Gila si Evi segininya banget benci sama aku. Dari kata-katanya pun “nu hideung, bolotot.”, don’t you get it? Itu kebalikan Radit banget. Di saat itu juga aku ngerti betapa Evi pingin nunjukin kalo dia selalu nutupin perasaan dia pura-pura benci Radit biar aku selalu bareng sama dia, dan disitu dia bisa melancarkan misinya. Misinya – nanti aku jelasin.

Tangan aku refleks aku majuin dan rem ngedadak dengan posisi aku masih dari tengah. Aku turun dari motor dan jalan lawan arah. Aku takut bakal mereka keroyok atau celakain, karena aku tau Evi benci banget sama aku. Ga lama kemudian, ‘Brukkkkkk..’, suara motor jatuh yang udah bisa aku tebak sebelumnya. Motor yang ditumpangi Evi dan Ina jatuh. Aku ga menoleh ke belakang atau bahkan iba sama sekali, dan disini aku mulai ngerti cara Evi mainin aku. Ketika aku berhenti, dia bakal lakuin hal yang lebih nekat, gimanapun caranya biar aku balik lagi-balik lagi ke dia.

Aku terus  meneruskan perjalanan ke jalan utama. Dan tiba-tiba ada motor yang ngedeketin aku.
“Gi ayo naik..aku udah ga apa apa ko.”
“Iya gi yu, Evi udah ga kenapa-kenapa ko.” Ina meneruskan.
Disitu aku mikir juga, yaudahlah daripada aku ga pulang aku iyain aja.
“Tapi janji ga usah kaya gitu-kaya gitu lagi.”

KESURUPAN YANG MEMALUKAN
Semenjak kejadian kesurupan pertama, aku jarang main sama Evi. Dan seperti biasa dia mengiming-imingi aku dengan banyak hal. Sehingga aku iyain lagi buat main sama dia.
Hari itu aku diajakin ngelatih lagi, dan semuanya berlangsung lancar hingga...

Ken datang tapi bukan buat Evi. Intinya gitulah. Evi marah dan mulai kesel sama aku. Sampe pas pulangnya Evi susah banget (lupa lah apanya yang susah pokonya super rese). Dan aku pulangnya dibonceng Ken, sementara Evi bonceng Ina.

Sampe lah di jalan sebelum gang turunan ke rumah ua aku. Kebetulan hari itu aku pulangnya ke rumah ua aku.

Sesampenya disana, motor Evi tiba-tiba dia jatuhin gitu aja dan kemudian dia lari entah lari kemana. Pokonya lari jauh banget ke arah yang sepi. Dan kalian tau kemana dia lari? Ke kuburan. Kita yang ada disitu otomatis kaget semua lah, ngejar dia. Dan dia ga ketemu, sampe kita nemuin ada sumur. Gila, buat ngeceknya aja aku ga berani. Gimana kalo dia mati.

Aku ga inget gimana itu ceritanya sampe warga udah pada ngumpul. Seinget aku kita semua minta tolong karena panik. Akhirnya ketemulah si Evi ini. Dan yang pasti dia ga masuk sumur.
Evi dibawa ke rumah ua aku, ditenangin, dikasih minum, mau dikasih makan dianya ga mau. Ken langsung pulang setelah itu karena dia bilang mau ada acara keluarga. Ga sampe berapa menitan, Evi bilang makasih dan dia pengen langsung pulang. Setelah mastiin dia oke buat pulang akhirnya dia pulang sama Ina.

“Babaturan teh ulah jeung nu kitu! Gelo eta teh!”
Tiba-tiba ua aku ngomong ke aku dengan nada sedikit ngebentak.
“Gelo kumaha ua? Eta kan kasurupan, tos dua kali” aku mastiin ua aku.
“Eh.. nu kitu mah gelo, teu kasurupan. Ua mah pedah tadi kitu teh meh gancang pergi. Era ua ku tatangga, eta mah gelo Gia.”

Wtf...gelo...tapi iya juga sih dipikir-pikir. Evi udah keterlaluan nekatnya. Parahnya lagi ini di lingkungan aku – bukan aku, malah ua aku yang maksudnya bukan lingkungan rumah aku sendiri. Bisa-bisanya dia pura-pura kesurupan lagi. Bisa dibilang sampe sekampung itu yang liat.

EVI DAN DUSTANYA
Semenjak ua aku bilang gitu aku kaya disadarin kalo temenan sama Evi emang gak sehat. Aku cuma terus-terusan jadi sarana dan juga bagian dari drama dia, yang aneh-aneh lah, yang nekat lah. Evi adalah orang yang sorry – mungkin butuh perhatian dan dia berlaku demikian.

Mulai dari memamerkan atau bilang hal-hal yang menurut aku ga penting ke temen-temenya supaya dia ‘dilihat sama temen-temenya, walaupun mostly itu Cuma bualan belaka alias bohongnya dia aja. Terus dengan dia pengen dibilang keren lah dengan pacarnya yang punya motor satria fu. Dan puncaknya kesurupan-kesurupan ini.

Apakah ini mental illness? Who knows. Yang pasti sampe sekarang aku agak jaga jarak sama dia.

-

Pernah suatu ketika aku ngobrol sama guru yang biasa ngobrol sama aku soal hal-hal supranatural, Evi punya misi yaitu bikin aku hancur – i don’t have idea maksudnya apa, pokonya kata dia Evi datang pingin bikin aku rusak, kedua Evi itu gila – What? Sama banget kaya yang ua aku bilang. Dan alasannya apa, ternyata karena dia iri, aku masih bisa deket sama Radit sementara dia engga. Clear enough.

-

Sempet beberapa bulan ke depan aku main sama Radit dan temen-temennya kita jalan-jalan gitu. Aku dibonceng Radit. Dan sepanjang jalan aku obrolin lah semuanya. Oh iya, dan kita juga sempet nonton berdua, dan disitu kita bongkar semuanya. Ternyata Evi nyeritain keburukan kita (aku dan Radit) satu sama lain biar kita saling benci.
Dan....setelah aku ngobrol juga ternyata Evi pernah adu domba Radit dan Rafa, dimana aku tau dari dulu mereka berdua sahabatan banget. Sempet kepikiran antara aku, Radit, dan Rafa buat ketemu sama Evi. Dan suatu ketika Evi dateng ke aku, dan dia tau disitu ada Radit dan Rafa – dia langsung tancap gas (karena aku posisinya udah di motor Evi juga). Entahlah, Evi bilang dia marah karena aku malah ketemuin Evi dan Radit lagi, jadi Evi kepikiran lagi. Tapi mungkin juga karena Evi takut akhirnya orang-orang yang dia bohongin dan adu domba selama ini bisa barengan buat ketemu sama dia.

-

Waktu aku merasa temenan sama Evi udah selesai, aku minta maaf ke temen-temen Evi satu persatu karena udah berperilaku ga baik sama mereka. Ada yang maafin, ada yang jutekin, ada juga yang bilang kalo mereka udah coba ingetin aku dulu tapi ga mempan. Iya sih orang dulu aku bener-bener Cuma percaya omongannya Evi aja.
Evi membuat aku ngerti kalo orang macam gini ternyata ga cuma ada di sinetron aja. Evi juga lah yang membuat aku bisa deket lagi sama Radit. Evi membuat banyak perubahan di diri aku yang dulunya gampang percayaan sama orang, sekarang ga semudah itu. Dan Evi membuat aku ngerti, kalo ada orang yang ‘agak-agak’ kaya dia, you better ngacuhin dia karena that SICKNESS!

Dear Evi, makasih banyak buat kenangan, dan tentunya pembelajaran berteman selama kita bareng. Aku harap kamu udah menghilangkan kebiasaan buruk kamu dalam menipu, mengadu domba, dan lainnya. DI dunia ini ga selalu tentang laki-laki Evi. Aku kira kita temenan, tapi nyatanya gak gitu. Yaudah deh Evi. Aku ga merasa rugi juga dengan keadaan kita sekarang. Bye Evi!

Apakah kamu pernah mengalami hal serupa?

No comments:

Post a Comment