Sunday 21 February 2016

Resep Rahasia Kwetiaw Jambrud

"Jaya selalu almamatermu...(tu dua)"
Itulah sepenggal hymne SMPN 2 Cimahi, sekolah almamater admin yang masuk situ tahun 2009 dan lulus 2012. 
Note : Entah kenapa meskipun gak ada di lirik kalo upacara enakan ditambah tu dua

Yang selalu admin kangenin setelah lulus dari situ banyak banget kayaknya, rasanya itu jadi suka balik pengen SMP lagi disitu. Gabisa disebutin satu-satu pokonnya, bisanya dua-dua, tiga-tiga, sayang semuanya.



Di sekolah yang dulunya bekas sekolah di jaman penjajahan Belanda ini, banyak sekali pengalaman admin, mulai dari yang manis-manis sampe yang horror, yang sipit sampe ade kelas *eh. Mungkin next post admin akan ceritakan sedikit tentang cerita-cerita yang mungkin bisa bikin kalian yang sekolah di situ pingin pindah sekolah, eh enggak maksudnya makin rajin sekolah. 

Di sekolah ini juga admin ketemu sama orang-orang yang hebat dan sangat admin sayangi hingga saat ini, mulai dari sahabat-sahabat, guru-guru, bibi kantin, dan terutama almarhum pelatih basket yang telah berpulang tahun 2011. But kali ini admin ga akan dulu ngebahas kenangan-kenangan dan pengalaman admin saat mengecap bangku persekolahan disana, admin akan kenalin sama kalian satu makanan khas sekolah ini yang bikin kalo abis pulang sekolah belok dulu. Dan kalo gak belok, pasti puter balik.


"Kwetiaw Jambrud"
Nah ini dia si jali-jali, Dulu sih ga ada namanya yah, boleh deh tuh kroscek sama alumni seangkatan admin. Beberapa tahun setelah kita lulus nah ada labelnya deh di gerobaknya, "Kwetiaw Jambrud", langsung terbesit di pikiran, "Ni apa si emang doyanannya grup band jamrud apa gimana" atau mungkin cita-cita si emang semula jualan batu ali jamrud tapi bukan jalannya.

Dibandingin sama kwetiaw-kwetiaw yang lain, rasa Kwetiaw Jambrud emang beda sedari dulu pas masih jamannya malu-malu pulang bareng pacar yang baru jadian lima hari. Kwetiaw Jambrud lebih simple dari kwetiaw yang suka dijual barengan nasi goreng malem-malem di kaki lima. Cuma kwetiaw ditambah sawi putih, plus telor ayam. Tapi rasa boleh di adu, kamu kalo udah sekali nyoba suka jadi kepengen beli lagi nantinya. Admin dan temen-temen seangkatan (bahkan kaka angkatan sejak megalitikhum) yang udah lulus aja masih sering datengin si mang yang empunya buat beli seporsi kwetiaw ini. Adapun kala dimana kalo lagi kangen dan males kesana karena pertama males antri ngelawan anak smp (inget umur) dan kedua kadang gatau kalo tiba-tiba si emangnya absen dan sampe sana gak jualan, disitu kadang bete.

Well, setelah mempelajari berbagai macam resep kesana kemari, akhirnya bisa juga nemuin resep, tips, dan trik rahasia si emang yang bikin kwetiawnya ini jadi masterpiece. Buat kamu-kamu khususnya alumni SMPN 2 Cimahi yang gak bisa ke sana buat beli Kwetiaw Zambrud, nih buat kalian spesial pake telor :


Resep dan Cara Membuat Kwetiaw Jambrud 

Untuk 2 Porsi, 30 menit

Bahan :

  1. Kwetiaw Basah, sesuai selera
  2. Sawi Putih, potong-potong 3cm
  3. Telur Ayam, 2 buah
  4. Bumbu Halus
  5. Garam
  6. Bumbu Penyedap (Boleh Masako atau Bumbu Atom)
  7. Minyak Goreng

Bumbu Halus :

  1. Bawang Merah 1 siung
  2. Bawang Putih 3 siung
  3. Kencur 2cm
  4. Gula Putih 1/4sdt

Bumbu Pedas (Sambalnya) :

  1. Cabe Kering, ditumbuk/dihaluskan
  2. Cabe Rawit, dihaluskan
  3. Saos Bantal
Campurkan bahan-bahan bumbu pedas kemudian seduh dengan air panas sebanyak 50ml


Cara Membuat :

  1. Panaskan 2sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus, pastikan permukaan wajan sudah panas dan teroles merata, kemudian masukan bumbu halus seluruhnya, tumis hingga harum.
  2. Masukan telur ayam dan penyedap rasa kemudian kocok di wajan sebelum mengering, jangan diorak-arik dahulu, cukup dileburkan saja. 
  3. Setelah telur agak mengering mulai coba untuk membaliknya layaknya masak dadar telur seperti biasanya. Tambahkan minyak 2sdm disekeliling telur. Ambil 1/2nya untuk di orak-arik, 1/2 lainnya disisihkan di bagian pinggir wajan.
  4. Masukan sawi putih kemudian kwetiawnya.
  5. Masukan bumbu pedas sesuai selera
  6. Tambahkan bumbu penyedap 1/2sdt dan garam sesuai selera
  7. Masak hingga seluruh bahan dan bumbu tercampur
  8. Sajikan selagi panas
*Bumbu halus dan bumbu pedas boleh yang sudah ada atau dibuat mendadak.
*Usahakan telur dimasak hingga kering, jangan masukkan bahan-bahan lain jika telur masih agak basah, karena biasanya sering timbul bau amis telur
*Saos bantal bisa diganti saos sambal lain, namun rasanya pasti akan menjadi beda
*Bumbu atom bisa di dapat di pasar tradisional


Itulah dia resep rahasia Kwetiaw Jambrud, boleh kalian coba kalau kelaparan di kosan atau lagi kangen sama makanan ini tapi jauh buat belinya. Selamat mencoba!

Stay happy, think positive, and be creative! Talk Less, Read More!

No comments:

Post a Comment